Lakukan 7 Cara Ini Supaya Tidak Tertipu di Dealer Motor

9:54 pm Pertiwi Soraya 2 Comments

"Kalau beli motor barunya di dialer resmi bisa kena tipu juga ya, Kak?"

"Memangnya di mana sih, tempat di muka bumi ini yang dijamin bebas tipu daya?"

'Tindak kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Waspadalah! Waspadalah!'


Pernah dengar slogan macam gitu kan?  Jadi bukan tempatnya sih, lebih kepada oknum dan kesempatannya.

Apalagi makin ke sini, jenis dan cara kerja para penipu makin canggih. Sudah seperti kecanggihan mesin AI yang tiap detik selalu bertambah saja aneka kecerdasannya.

Nah, sama seperti kemungkinan kena tipu di dealer resmi sekali pun.  Padahal maksud hati mau cari motor yang bisa menemani langkah menjalani masa depan ya kan. Udah nabung hingga berdarah-darah, malah tertipu sales nakal. Apa tak makin menambah persentase serangan struk di Indonesia coba?

Nah, berikut 7 cara yang bisa dilakukan supaya terhindar dari penipuan saat beli motor di dealer

Sebelum ke dealer motor, cek harga di situs resmi pabrikannya.


Biasanya harga di dealer akan lebih murah karena kerap ada diskon dan promo motor yang diberikan. Apalagi jika beli tunai. Panda-pandai bernegosiasi tetap adalah kunci.

Jangan lewat perantara. 


Seringnya kita yang gak mau ribet ini, apalagi emak-emak ya kan, maunya yang tinggal terima bersih aja, tak jarang pakai jasa perantara di urusan jual beli motor. Entah tetangga, saudara, teman, kenalan, bahkan yang kenal pun enggak (baca: calo). Masih mending tetangga atau saudara ya kan, paling tidak tahu riwayat sepak terjang dan tingkat keamanahannya. Dengan segala iming-iming anti ribet-ribet club, bisa kali pun uang kita akhirnya malah ditelap.

Selain itu, jika tanpa perantara, kalau misal di kemudian hari ada apa-apa, rusak dan sebagainya, garansinya bisa lebih mudah digunakan.

Pilih sales yang berseragam lengkap dengan atribut dan bet namanya di sales konter.


Pasalnya,  di dealer resmi sekalipun ternyata sering ada penyusup berkeliaran, eh maksudnya sales lain yang biasa disebut calo leasing.

Ya, walaupun ada juga kasus oknum berseragam sales lengkap dengan atribut dan bet namanya, tapi ternyata dia bukan karyawan dealer tersebut. Sungguh profesional sekali dia menjalankan aksi penipuannya bukan?

Tapi kita wajib berusaha maksimal ya kan. Yang jelas jangan cari sales yang gak pakai seragam sih kalau ke dealer, karena pasti lebih tinggi risiko ditipunya.

Jangan sembarang transfer atau memberikan uang.


Apalagi jika transfer ke nomor rekening pribadi dengan alasan apapun. Hanya transfer ke rekening resmi dealer. Intinya, kalau ujung-ujungnya kita ada diminta transfer ke nomor rekening pribadi, entah siapa pun itu, sudah pasti penipuan. Titik.
 

Bayar ke siapa saja harus ada tanda terima resmi atau kuitansi dari nama dealer.


Jika bertransaksi tunai, pastikan melihat proses pembayaran dari sales ke kasir dealer. Pastikan uang benar disetor ke kasir dan di saat itu juga kita mendapatkan kuitansi resmi dari perusahaan.

Laporkan. 


Jika dipersulit saat membeli tunai langsung, alias diarahkan, dibujuk rayu, bahkan digiring supaya beli secara kredit, laporkan oknum tersebut ke call center yang tertera di situs resmi, yaitu 021-24575555 atau 021-4616995 atau sms di 08111080090 dan email contact_center@yamaha-motor.co.id.

Pastikan bahwa dealer motor tersebut adalah benar dealer resmi.


Cek status dealer di situs resmi perusahaannya. Selain itu kita juga bisa menilai kredibilitas serta rekam jejak dealer tersebut dari penilaian dan review pelanggan atau pengunjung via google maps. Usia perusahaan juga bisa dijadikan tolak ukur terpercaya tidaknya dealer tersebut. Contohnya PT. Alfa Scorpii yang telah berdiri hampir 37 tahun, tepatnya 25 Agustus 1987.

Sebagai main dealer Yamaha yang kini berlokasi di Jl. HM. Yamin, Medan, PT. Alfa Scorpii berkomitmen menghadirkan produk-produk berkualitas dan memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat. Saat ini ada lebih dari 40 cabang milik PT. Alfa Scorpii yang tersebar di Aceh, Medan, Sumatera Utara, Riau kepulauan juga Riau Daratan.

Dalam hal mutu layanan, PT. Alfa Scorpii cukup rutin mengadakan pelatihan pada mekaniknya sebagai bentuk evaluasi dan peningkatkan kualitas layanannya. Tak heran bengkel resmi Yamaha sering dijadikan pilihan oleh masyarakat.

Salah satu hal utama yang membuat motor Yamaha begitu diminati masyarakat adalah karena bengkel resmi Yamaha itu bisa dikatakan ada di mana-mana, dari perkotaan hingga pelosok-pelosok. Jadi ketika butuh servis motor ya tak ribet jauh-jauh.

Selain itu fasilitas yang diberikan oleh PT. Alfa Scorpii ini pun sungguh mengutamakan kenyamanan pelanggan, seperti ruang tunggu yang nyaman dilengkapi hiburan TV dan wi-fi gratis, mushola, disuguhi minuman lagi, serta banyak fasilitas lainnya.

Oh iya, baru-baru ini Yamaha meluncurkan produk terbarunya yaitu Nmax Turbo. Skutik yang digadang-gadang menjadi motor paling paling canggih di jajaran skutik MAXI. Melalui produk terbaru ini, Yamaha bermaksud memberikan pengalaman berkendara terbaik untuk pelanggannya, dilengkapi fitur terbaik dengan sensasi turbo yang belum pernah ada.

Bolehlah jalan-jalan ke Alfa Scorpii untuk kenalan lebih dekat sama si Nmax Turbo ini. Mana tahu  cocok untuk diajak menjalani masa depan ya kan.

Nah, itu tadi 7 cara yang bisa kita lakukan supaya tidak tertipu saat beli motor di dealer. Kamu punya pengalaman serupa? 


You Might Also Like

2 comments:

  1. Kenapa pihak dealer resmi gak menindak calo yang berkeliaran di dealer tersebut kak?

    ReplyDelete
  2. Serius calo di Dealer Resmi?? Meresahkan sekali. Aku saja baru tahu ternyata hal-hal itu wajib dilaporkan ya kak. Memang cara terbaik beli sepeda motor adalah "ditemenin" sama yang ngerti. Bahasa Medannya biar gak kena "olah" ya kak. Untungnya ada saran kakak biar ke PT Alfa Scorpii aja yang aman dan nyaman buat beli kendaraan.

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄